Pemkab Wacanakan Pembangunan Sarana Air Bersih di Buloh Seuma

Kamis, 19 September 2013 09:53:19 WIB

Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan mewacanakan pembangunan sarana air bersih di Kemukiman Bulohseuma Kecamatan Trumon. Pasalnya ketersediaan air bersih didaerah penghasil madu tersebut, belum memadai.

Guna pembangunan unit Satuan Penyuplai Air Minum (SPAM) Pemkab Aceh Selatan akan mengusulkan program kepada kementrian PU melalui Direktorat Cipta Karya di Jakarta.

Bupati Aceh Selatan HT. Sama Indra mengatakan program ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar akan air minum bagi masyarakat. Sebab air, merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Tersedianya sarana air bersih untuk masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah, supaya masyarakatnya dapat hidup secara sehat dan cerdas.

Lebih lanjut Bupati menerangkan, selain sarana penerangan dan jalan serta telekomunikasi, juga persoalan ketersediaan air bersih di bulohseuma menjadi perhatian pemerintah mengingat kondisi air didaerah tersebut yang masih berwarna dan beraroma.

“ Karenanya, kita sangat berharap, program ini dapat direalisasikan pemerintah pusat melalui Kementrian PU c/q Direktorat Cipta Karya, sebab anggaran daerah belum mampu untuk itu, dan wajar karena sejak lama jauh sebelum Kemerdeaan RI warga didaerah itu belum merasakan nikmatnya air bersih,” katanya di Tapaktuan sebelum berangkat ke Banda Aceh dalam rangka pemeriksaan akhir persiapan Kabupaten Aceh Selatan mengikuti PKA VI, Rabu (18/9/2013).

Mantan kepala Bank Aceh Cabang Sigli ini menerangkan, program ini sekaligus mendukung program nasional tentang pemenuhan kebutuhan dasar akan air minum bagi masyarakat, guna pencapaian target Pembangunan Millenium Development Goals (MDGs) Bidang Air Minum pada Tahun 2015.

Bersamaan dengan itu, pihaknya juga telah mempersiapkan usulan program untuk pembangunan SPAM IKK untuk kecamatan-kecamatan di Aceh Selatan yang belum tersedia sarana air minum seperti di kecamatan Meukek dan beberapa kecamatan lainnya.

Sebagaimana diketahui, Bupati HT. Sama Indra, SH dan Wakil Bupati Kamarsyah, S.Sos. MM yang didampingi para Asisten, Staf Ahli dan para kepala SKPD jajaran Sekdakab, melakukan kunjungan kerja untuk melihat secara langsung kondisi Bulohseuma yang selama ini ter-isolir paska dilantik menjadi Bupati pada 22 April lalu.

Rombongan yang bermalam didaerah penghasil madu itu pada minggu kemarin, menempuh jalur darat. Tujuannya, agar diketahui bahwa kemukiman Bulohseuma yang dulunya hanya dapat di akses melalui jalur laut, kini telah dapat dilalui via darat dari ibukota kecamatan Trumon. (qrt-hum)

Sumber : http://acehselatankab.go.id

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kunjungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s